-->
  • Jelajahi

    Copyright © DiseputarKitaNews.Net
    Best Viral Premium Blogger Templates
    HEADLINE SLIDE DI SEPUTAR KITA NEWS ->> KLIK GAMBAR UNTUK MEMBACA BERITA 👇👇👇

    Kode Iklan Adsense

    Iklan

    Sekda Toraja Utara Salvius Pasang, Buka Pelatihan Untuk Penenun Sentra IKM

    Redaksi
    Selasa, Juli 16, 2024 WIB Last Updated 2024-07-16T04:49:10Z


    Di Seputar Kita News -- TORAJA UTARA - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Toraja Utara melaksanakan Pelatihan Teknis Produksi Turunan Tenun (Menjahit) Penguatan Kapasitas Kelembagaan Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah Tahun Anggaran 2024 selama satu minggu (15 s/d 21 Juli 2024).


    Kegiatan tersebut dipusatkan di Sentra Tenun Tongkonan To' Barana', Kecamatan Sa'dan (15/07/2024) dan kegiatan dihadiri sebanyak 20 orang peserta pelatihan yang merupakan IKM dari masyarakat yang ada di beberapa kecamatan serta Instruktur Pelatihan adalah salah satu desainer terkemuka dari Bali atas nama Dwi Iskandar dan Vera Cristiana.


    Laporan Panitia Pelaksana yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perindustrian Disperindagkop Kab. Toraja Utara, Agus Bela, SE lapornya "Dasar pelaksanaan kegiatan dari DPA Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM yang anggarannya bersumber dari APBN Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Kementrian Perindustrian melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM Kab. Toraja Utara tahun anggaran 2024".


    "Tujuan kegiatan ialah memberikan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan para penenun sentra IKM, mendukung pelaku usaha/IKM dalam peningkatan dan pengembangan produk tenun, meningkatkan daya saing produk di pasaran lokal dan Nasional", tambah Agus Bela.


    "Kegiatan ini dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 15 - 21 Juli 2024 bertempat di Sa'dan To'Barana', peserta sebanyak 20 orang yang merupakan IKM dari masyarakat yang ada di beberapa kecamatan dan Instruktur Pelatihan ini merupakan Salah Satu Desainer Terkemuka dari Bali atas nama Dwi Iskandar dan Vera Cristiana".


    Membuka kegiatan, Sekretaris Daerah Toraja Utara, Salvius Pasang, SP.,MP mengatakan "Kegiatan pelatihan ini merupakan momentum yang sangat bagus, maka jangan sia-siakan kesempatan yang ada karena narasumber/instruktur  yang didatangkan hari ini jauh-jauh dari Bali maka dihimbau agar seluruh peserta manfaatkan kesempatan ini dengan baik", ucap Sekda Toraja Utara.



    "Kepada peserta pelatihan yang berjumlah 20 orang agar serius mengikuti kegiatan ini hingga selesai tentu melalui pelatihan selama satu minggu kedepan diharapkan terjadi perubahan kongkrit bagi peserta ketika menghasilkan sebuah karya yang tetap sesuai dengan adat, budaya kita di Toraja dan Indonesia pada umumnya", tambah Salvius Pasang.



    "Setelah pelatihan ini dilaksanakan peserta harus dapat mandiri bahkan membuka lapangan pekerjaan, dan bagi peserta yang sudah memiliki usaha tentu ini menjadi pengalaman baru untuk menambah wawasan pengetahuan seputar menjahit pakaian dan semoga melalui pelatihan ini dapat merubah kebiasaan  / mindset dalam kapasitas industri", kata Sekretaris Daerah Toraja Utara sekaligus membuka kegiatan Pelatihan.


    Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Toraja Utara, Amos Harma Pattola, SP., MM, Camat Sa'dan, Yamarlin Mangiri, S.E, Wakil ketua Dekranasda Toraja Utara, Ibu Damayanti B. Palimbong serta seluruh staf Disperindagkop & UKM Kabupaten Toraja Utara. (Ignas)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +