-->
  • Jelajahi

    Copyright © DiseputarKitaNews.Net
    Best Viral Premium Blogger Templates
    HEADLINE SLIDE DI SEPUTAR KITA NEWS ->> KLIK GAMBAR UNTUK MEMBACA BERITA 👇👇👇

    Kode Iklan Adsense

    Iklan

    Merayakan Setahun di Toraja, Aplikasi Draiv Membantu Ribuan Pekerja UMKM, Ini Kata Yance Lasa'

    Redaksi
    Sabtu, Juni 01, 2024 WIB Last Updated 2024-06-07T22:54:22Z


    Di Seputar Kita News -- Toraja Utara, Sabtu (1/6) - Aplikasi Draiv, yang diciptakan oleh anak bangsa asal Toraja, sukses merayakan hari jadinya yang pertama. Acara ini diselenggarakan di halaman Kantor BPS Toraja Utara, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Draiv, yang telah beroperasi selama setahun, berhasil memperkerjakan ribuan pekerja dari berbagai latar belakang, termasuk anak muda, mahasiswa, pelaku UMKM, dan ibu rumah tangga.


    Yance Lasa', pendiri dan pemilik Draiv, mengungkapkan bahwa aplikasi ini telah mencakup beberapa kabupaten di Indonesia. Toraja Utara merupakan unit ke-56, dengan sekitar 1.000 driver dan lebih dari 1.100 pelaku kuliner yang bergabung. 


    "Alasan kami memasukkan Draiv ke Toraja adalah untuk memajukan sektor UMKM di daerah ini," kata Ian. 


    Ia menambahkan bahwa sebagian besar UMKM yang bergabung tidak memiliki toko atau restoran di kota, dan banyak yang menggunakan rumah mereka sebagai tempat usaha.


    "Dengan hadirnya Draiv di Toraja, kita secara tidak langsung membantu para pelaku UMKM yang tidak memiliki toko dan restoran di kota agar bisa menjual produknya secara online," tambah Ian.


    Sejauh ini, aplikasi Draiv telah diunduh oleh hampir 9% dari jumlah penduduk Toraja Utara, dengan tambahan anggota baru setiap bulannya mencapai 750 hingga 900 unduhan. Ian menargetkan bahwa pada tahun kedua, penetrasi aplikasi ini bisa mencapai 18% dari populasi Toraja Utara.


    Ian menjelaskan bahwa meningkatnya jumlah unduhan aplikasi ini berdampak langsung pada perkembangan sektor UMKM dan menciptakan lapangan kerja formal maupun non-formal, seperti driver dan pelaku kuliner. 


    "Kami sangat gigih memasukkan Draiv ke Toraja karena melihat banyaknya UMKM yang terbantu dan lapangan kerja baru yang tercipta," jelasnya.


    Meskipun telah sukses menjangkau area hingga 40 kilometer dari pusat kota Rantepao dan Makale, Ian mengakui bahwa salah satu kendala terbesar selama tahun pertama operasi adalah masalah jaringan internet. 


    Namun, dengan semangat dan komitmen untuk terus membantu UMKM dan menciptakan lapangan kerja, Draiv optimis akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Toraja Utara. (M.khanif)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +