-->
  • Jelajahi

    Copyright © DiseputarKitaNews.Net
    Best Viral Premium Blogger Templates
    HEADLINE SLIDE DI SEPUTAR KITA NEWS ->> KLIK GAMBAR UNTUK MEMBACA BERITA πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    Kode Iklan Adsense

    Iklan

    Antisipasi Bullying, SMA Negeri 5 Tana Toraja Lakukan Penguatan P5

    Redaksi
    Jumat, Februari 23, 2024 WIB Last Updated 2024-02-24T08:25:11Z


    Diseputar Kita News -- Tana Toraja -- SMA Negeri 5 Tana Toraja mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui kegiatan pencegahan kekerasan pada anak, yang biasa disebut bullying. Kegiatan bertema "Bangunlah Jiwa dan Raga" ini, diadakan di Aula SMA Negeri 5 Tana Toraja, Jumat 23 Februari 2024.


    P5 merupakan salah satu program dalam Kurikukum Merdeka. P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. Prinsip P5 adalah holistik, kontekstual, berpusat pada peserta didik, dan eksploratif.


    Narasumber kegiatan ini adalah dr Kristanty Randa Arung, M.Kes, Sp.KJ, FISQua, FIHFAA. Materi tentang "Akibat Bullying Terhadap Kesehatan Jiwa dan Raga". Disampaikan bahwa kekerasan yang dilakukan secara fisik akan berdampak pada psikis. Sementara bullying akan berdampak pada kesehatan jiwa korban.


    Dorce Ramma Songga, SE, pendamping pada UPTD Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kabupaten Tana Toraja, hadir mendampingi sekaligus menginformasikan kepada peserta terkait keberadaan UPTD PPA. Perempuan yang akrab disapa Bu Oche itu, juga menjelaskan tupoksi serta teknis pengaduan ketika ada anak atau siswa yang mengalami kekerasan termasuk bullying.


    Peserta kegiatan yang bertujuan untuk mencegah bullying di kalangan pelajar ini, merupakan siswa kelas X SMA Negeri 5 Tana Toraja. Kurang lebih 288 siswa hadir sebagai peserta. Kegiatan dilakukan dengan memberi kesempatan peserta berbicara. Dalam sesi itu, kebanyakan mengungkapkan bahwa mereka mengalami kekerasan secara verbal.


    Bu Oche menganggap kegiatan berlangsung positif. Respon para pelajar itu sangat luar biasa. Minat anak-anak akan materi ini, juga sangat baik karena mereka banyak yang mengalami, secara langsung ataupun tidak.


    Dipesankan bahwa bagi anak-anak yang mengalami bullying dan kekerasan, dapat mengadu via telepon atau langsung datang ke kantor UPTD PPA Tana Toraja Jl Jenderal Sudirman No. 5 simpang 5 Makale (depan kedai mamie). Bisa pula melalui nomor telepon 082346270246 atas nama Santi dan nomor 0822 9399 4525 atas nama Oche. 



    Penulis: Rusdin Tompo

    Editor: Ahmad Nur Shadewa 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +