-->
  • Jelajahi

    Copyright © DiseputarKitaNews.Net
    Best Viral Premium Blogger Templates
    HEADLINE SLIDE DI SEPUTAR KITA NEWS ->> KLIK GAMBAR UNTUK MEMBACA BERITA 👇👇👇

    Kode Iklan Adsense

    Iklan

    Cegah Meningkatnya Penularan Rabies, Ombas Laksanakan Rakor Lintas Program, Sektor Dan Pencegahan

    Redaksi
    Kamis, Juni 22, 2023 WIB Last Updated 2024-02-24T08:27:24Z


    Diseputar Kita News -- Toraja Utara -- Guna mencegah meningkatnya Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR) di Kabupaten Toraja Utara maka  Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Kesehatan melaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Program dan Lintas Sektor Pembahasan Rencana Tindak Lanjut Pencegahan dan Pengendalian Kasus Rabies yang berlangsung di Hotel Herritage, Kecamatan Kesu, Selasa (20/6/2023).


    Hal ini mengacu pada Perda Kabupaten Toraja Utara  Nomor 4 tahun 2018 tentang pencegahan dan penanggulangan rabies dengan tujuan untuk menyebar luaskan informasi penanggulangan rabies dengan deteksi dini, preventif dan respon penyakit.


    Kepala Dinas Kesehatan Elisabeth S.Kp.,M.Kes, menuturkan bahwa rabies yang disebut juga penyakit anjing gila adalah salah satu penyakit infeksi akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies, penyakit ini Zoonotik yaitu penyakit dapat di tularkan dari hewan ke manusia melalui gigitan hewan penular rabies penyakit ini dikenal sejak berabad-abad yang lalu dan merupakan penyakit yang menakutkan bagi manusia karena penyakit ini selalu di akhiri dengan kematian.


    Lebih lanjut Ia menambahkan bahwa  penyakit ini menyebabkan penderita tersiksa oleh rasa haus namun sekaligus merasa takut terhadap air, rabies bersifat fatal baik pada hewan maupun manusia hampir manusia yang menunjukkan gejala-gejala klinis rabies akan diakhiri dengan kematian sampai saat ini belum ada pengobatan yang efektif untuk.


    Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, SE., M.Si menyampaikan  harapannya bahwa melalui rapat kita kembali ke lokasi masing-masing untuk disosialisaikan. 


    "Tentu kita harap bahwa nanti hasil dari sosialisasi  ini para camat, kepala puskesmas kembali ke tempat tugas kalian untuk disosialisasikan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, lurah, kepala Lembang dan kepala dusun kemudian di sosialisakan kepada masyarakat" Ungkap Bupati Toraja Utara


    Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda, kodim 1414 Tana Toraja Safri Dasi, Kepala Dinas Kominfo-Sp Toraja Utara Andarias Sampe,  Camat, Kepala Puskesmas, TP.PKK dan Forum Kabupaten Sehat. ( M.khanif )

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +